Home » Kompetensi Lulusan

Kompetensi Lulusan

Kompetensi utama
a. Mampu merancang dan melaksanakan pendidikan dan pembelajaran Fisika yang kreatif dan inovatif sehingga mampu mendidik dan membelajarkan mahasiswa pada jenjang S1 dan siswa pada jenjang sekolah secara efektif, efisien dan menarik.
b. Mampu melaksanakan evaluasi dan supervisi pelaksanaan pendidikan dan pembelajaran Fisika di perguruan tinggi, pendidikan menengah, dan pendidikan dasar.
c. Mampu melaksanakan dan mengembangkan penelitian, serta menggunakan hasil-hasil penelitian pendidikan untuk memecahkan permasalahan pendidikan dan pembelajaran Fisika.
d. Mampu mengembangkan program pembelajaran inovatif dalam menghadapi perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Kompetensi Pendukung
a. Mampu mengembangkan dan memutakhirkan berbagai konsep Fisika dan pembelajaran Fisika sebagai ilmu (science) serta mampu mengaplikasikannya, baik di tingkat satuan pendidikan maupun masyarakat.
b. Memiliki kemampuan akademis (teoretik dan aplikatif) dan menguasai berbagai problematika IPTEK, serta mampu mengembangkannya di bidang pendidikan dan pengajaran.
c. Mampu berinovasi untuk memecahkan masalah dalam bidang pendidikan Fisika melalui kegiatan penelitian dan pengembangan berdasarkan kaidah ilmiah
d. Memiliki sikap kritis dan selektif terhadap pembaharuan pendidikan, pengajaran, penelitian, serta mampu mengaktualisasikannya baik sebagai, pendidik, peneliti, praktisi, inisiator, maupun pengamat di bidang pendidikan Fisika

Bahan kajian
Bahan kajian pada program S-2 Pendidikan Fisika FKIP Unila adalah sebagai berikut.
a Inovasi dalam pembelajaran fisika yang mencakup pendekatan, strategi, model, metode, media, bahan ajar, pengelolaan kelas dan laboratorium pembelajaran fisika.
b Evaluasi dan supervisi pelaksanaan pendidikan dan pembelajaran Fisika di perguruan tinggi, pendidikan menengah, dan pendidikan dasar termasuk penilaian pembelajaran fisika, evaluasi program, model dan rancangan evaluasi program.
c Mengkaji hasil penelitian mutakhir yang mencakup problematika pendidikan dan pembelajaran Fisika meliputi permasalahan lokal, nasional, maupun internasional saat ini maupun yang akan datang termasuk kecenderungan penelitian pendidikan fisika. Kajian persoalan pendidikan fisika dengan menggunakan landasan filosofis, historis, sosiologis dan psikologis. menganalisis masalah-masalah pembelajaran dan pendidikan, supervisi pembelajaran fisika, berdasarkan kajian teori pendidikan dan temuan mutakhir tentang perkembangan pendidikan fisika
d Pengembangan dan pemanfaatan media pembelajaran termasuk teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dalam pembelajaran. teknik merancang dan membuat media pembelajaran fisika yang mencakup alat-alat laboratorium.
e Mengkaji materi substansi Fisika meliputi materi fisika sekolah terpilih, konsep-konsep fisika dalam tinjauan mekanika klasik, elektrodinamika, Fisika Modern, Mekanika Statistik, optika modern, Fisika kuantum, Fisika Bumi.
f Konsep-konsep dasar metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan penerapannya dalam penelitian pendidikan fisika. Jenis penelitian yang dibahas mencakup penelitian kuantitatif eksprimental, non eksperimental, dan R & D. Termasuk konsep-konsep metode ilmiah, metode penelitian fisika, berbagai metode eksperimen fisika, dan desain eksperimen fisika.


Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *