Home » Kualifikasi Lulusan

Kualifikasi Lulusan

Rumusan Sasaran Program Studi
Berdasarkan misi di atas diturunkan rumusan sasaran sebagai berikut:

  1. Dihasilkan lulusan pendidik, pengelola pendidikan, perancang, pengembang, evaluator, dan supervisor yang professional dalam bidang pendidikan fisika yang:
    a. memiliki rata-rata Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) > 3,50
    b. memiliki rata-rata masa studi 2 (dua) tahun
    c. memiliki rata-rata masa tunggu memperoleh pekerjaan pertama (bagi mahasiswa yang belum memiliki pekerjaan) 2 (dua) bulan.
    d. memperoleh peningkatan karier pekerjaan (bagi mahasiswa yang yang sudah bekerja) dalam waktu ≤ 6 (enam) bulan.
  2. Menghasilkan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Iptek) dalam bidang Pendidikan Fisika dan Fisika yang bermanfaat dalam lingkup lokal, regional, nasional maupun internasional melalui penelitian yang terpublikasikan: a) Publikasi penelitian mahasiswa dalam jurnal lokal 50%, nasional tidak terakreditasi 30%, nasional terakreditasi 20% per tahun b) Publikasi penelitian dosen dalam jurnal nasional tidak terakreditasi 30%, nasional terakreditasi 50%, internasional 20% per dua tahun c) Publikasi karya tulis mahasiswa dalam prosiding seminar lokal 50%, nasional 40%, internasional 10% d) Publikasi karya tulis dosen dalam prosiding seminar nasional 70%, internasional 30% per dua tahun e) Mampu menyerap dana penelitian hibah nasional desentralisasi 60%, hibah nasional 40%. f) Menghasilkan buku 2 (dua) judul per tahun.
  3. Terlaksananya pengabdian masyarakat untuk memecahkan masalah yang dihadapi khususnya dalam bidang pendidikan dan pembelajaran Fisika serta Fisika: a. Setiap dosen melaksanakan minimal 1 (satu) kegiatan pengabdian per tahun (dari hasil penelitian) b. Mampu menyerap dana hibah pengabdian yang berasal dari PT/sendiri 60% dan kerjasama dengan pihak lain 40% c. Memiliki ≥ 5 sekolah binaan yang menjadi tempat atau laboratorium lapangan sebagai aplikasi hasil penelitian dosen.
  4. Terjalin kerjasama yang konstruktif dengan berbagai pihak dalam lingkup lokal, regional, nasional maupun internasional. a. Terjalin kerja¬sama yang intensif dengan 80% MGMP Fisika kabu¬paten/ kota di Provinsi Lam¬pung b. Terjalin kerja¬sama yang intensif dengan ≥ 5 PS S2- Pendidikan Fisika di Indonesia. c. Terjalin kerja¬sama dengan ≥ 2 PS S2- Pendidikan Fisika di luar negeri.

Kualifikasi lulusan S2 Pendidikan Fisika
1) Memiliki kompetensi dan keterampilan yang khas, dalam melaksanakan proses belajar-mengajar yang kreatif-inovatif, dalam bidang Pendidikan Fisika baik di latar perkuliahan maupun pelatihan.
2) Mampu mengembangkan dan memutakhirkan berbagai konsep Fisika dan pendidikan Fisika sebagai ilmu (science) serta mampu mengaplikasikannya, baik di tingkat satuan pendidikan maupun masyarakat.
3) Memiliki kemampuan akademis (teoretik dan aplikatif) dan menguasai berbagai problematika IPTEK, serta mampu mengembangkannya di bidang pendidikan dan pengajaran.
4) Mempunyai kemampuan berpikir kreatif-inovatif untuk memecahkan masalah dalam bidang pendidikan Fisika melalui kegiatan penelitian dan pengembangan berdasarkan kaidah ilmiah
5) Bersikap kritis dan selektif terhadap pembaharuan pendidikan, pengajaran, penelitian, serta berupaya mengaktualisasikannya baik sebagai inisiator, pendidik, peneliti, praktisi, pengguna, maupun pengamat di bidang pendidikan Fisika.


Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *