Pengabdian Kepada Masyarakat

Program Studi Magister Pendidikan Fisika telah mengadakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dengan tema “Pelatihan Pembuatan Perangkat Pembelajaran Hands-on, Minds-on, and Hearts-on Activities dalam Mempersiapkan Pembelajaran Hybrid Learning di Era New Normal Epidemi Covid-19“. Adapun pemateri pada kegiatan pengabdian ini yaitu Dr. Kartini Herlina, M.Si., Dr. Abdurrahman, M.Si., dan Prof. Dr. Agus Suyatna, M.Si.

Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 7 Oktober s.d 14 Oktober 2021 secara hybrid di Gedung N, lt. 2, Ruang N2-5 dan grup whatsapp peserta. Tujuan diadakannya kegiatan pengabdian ini yaitu menjawab rumusan masalah berdasarkan masalah mitra yaitu:

  1. Mendeskripsikan peningkatan kemampuan mengembangkan perangkat pembelajaran hands-on, minds-on, and hearts-on activities dalam mempersiapkan pembelajaran hybrid learning¬† di era new normal “epidemi Covid-19 bagi guru-guru Fisika SMA di Bandarlampung.
  2. Mendeskripsikan implementasi perangkat pembelajaran hands-on, minds-on, and hearts-on activities dalam mempersiapkan pembelajaran hybrid learning¬† di era new normal “epidemi Covid-19 bagi guru-guru Fisika SMA di Bandarlampung.

Metode Kegiatan dalam mengembangkan perangkat pembelajaran hands-on, minds-on, and hearts-on activities dalam mempersiapkan pembelajaran hybrid learning  di era new normal “epidemi covid-19 bagi guru-guru Fisika ini dilakukan melalui empat tahapan penting sebagai berikut.

Kegiatan PKM ini dibagi menjadi dua kegiatan yaitu in service training dan on service training. In service training dibagi menjadi beberapa kegiatan yaitu sambutan, pretest dan posttest, serta penyampaian materi. Adapun on service training terdiri dari pembuatan e-LKPD oleh peserta sebagai produk hasil PKM.

Pretest dan Posttest

 

 

Pemaparan Materi oleh Dr. Kartini Herlina, M.Si.
Pemaparan Materi oleh Dr. Abdurrahman, M.Si.

 

 

Pemaparan Materi oleh Prof. Dr. Agus Suyatna, M.Si.
Pemaparan Materi Dr. Chandra Ertikanto, M.Pd.

Berikut merupakan produk e-LKPD salah satu peserta pengabdian kepada masyarakat

 

Produk Peserta PKM

Keberhasilan kegiatan ini selain dinilai dari hasil tes tertulis (pretest dan post-test) juga dinilai dari proses yang terjadi selama pelatihan berlangsung. Berdasarkan hasil pengamatan tim pengabdian terhadap peserta selama workshop berlangsung diperoleh informasi sebagai berikut.

  1. Peserta begitu antusias dan aktif pada saat mengikuti simulasi pembelajaran yang diberikan oleh salah satu penyaji.
  2. Peserta aktif bertanya berkaitan dengan pembelajaran berbasis masalah dan perancangan pembuatan student worksheet.
  3. Perhatian peserta sangat baik ditandai dengan keseriusan dan antusiasme peserta saat mengikuti pelatihan dan terlihat dari keaktifan peserta saat tanya jawab dan latihan.
  4. Peserta aktif berdiskusi di kelompok ketika merancang student worksheet dengan menerapkan Hands-On, Minds-On, And Hearts-On Activities.
  5. Peserta juga aktif dalam mengikuti terutama dalam praktik tiap sesi pemaparan materi.

Berikut merupakan perbandingan hasil pretest dan posttest pada kegiatan PKM ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *